Lamongan¬†–¬†Hujan deras disertai angin kencang membuat puluhan rumah di salah satu desa Lamongan rusak. Tercatat, 59 rumah rusak dampak angin kencang disertai hujan deras.

Puluhan rumah yang rusak milik warga Desa Pajangan, Kecamatan Sukodadi.

“Kejadiannya pada Kamis malam (17/12/2020). Saat itu bertepatan dengan hujan deras yang disertai angin kencang,” kata Kasi Tanggap Darurat BPBD Lamongan Muslimin pada wartawan, Jumat (18/12/2020).

Muslimin mengaku saat itu angin kencang berdurasi lebih 30 menit membuat atap genting milik warga tersapu angin dan mengalami kerusakan parah. “Kejadiannya berlangsung sangat cepat, angin yang kencang itu langsung menyapu atap genting rumah warga,” ujar Muslimin.

Data yang dihimpun, tercatat kerusakan 59 rumah warga bervariasi. Ada yang ringan hingga berat. Namun kebanyakan bagian atap atau genting yang jatuh atau beterbangan.

“Malam itu juga warga langsung bersama-sama bergotong-royong membersihkan puing-puing atap sisa-sisa dari angin kencang,” tuturnya.

Salah satu warga Desa Pajangan Kasrin yang rumahnya mengalami rusak berat mengaku kejadiannya berlangsung sangat cepat. Ketika itu, aku Kasrin, hujan deras disertai angin kencang. “Angin kencangnya sih sekitar 30 menitan gitu, tapi terasa sangat kencang dan membuat atap rumah saya rusak,” tambah Kasrin.

Saat ini, BPBD Lamongan bersama instansi terkait berkoordinasi penanganan korban terdampak angin kencang ini. “Petugas juga sudah turun ke lokasi bersama-sama warga melaksanakan kerja bakti membersihkan sisa-sisa atap genting,” pungkas Muslimin.

(DO) Sumber.